Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Dream – Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia) merilis data tentang pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia mencapai 21,9% di tahun 2023.

Hal itu menandakan bahwa tren penggunaan makeup hingga skincare di Tanah Air begitu aktif sehingga data tersebut bisa dikatakan meningkat dari tahun 2022 yakni dari 913 perusahaan kecantikan menjadi 1,010.

Pertumbuhan ini juga terlihat dari banyaknya brand lokal yang bermunculan dengan strategi kreatif di platform digital, termasuk di TikTok.

Bahkan menurut data dari TikTok Beauty Brand Playbook di tahun 2022, dari survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok, sebanyak 61% responden mengakui lebih memilih brand lokal, termasuk saat musim promo terdapat 68% responden lebih menyukai belanja produk-produk kecantikan dari brand lokal.

Tak cuma itu saja, antusiasme beauty addict terhadap brand kecantikan lokal juga terlihat pada saat kampanye Beli Lokal 12.12 yang berlangsung di TikTok dan Tokopedia.

Berbagai brand kecantikan lokal menawarkan produk-produk inovatif dan kualitasnya tidak kalah dengan produk luar.

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online
Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Tercatat, tiga brand lokal yang cukup menonjol di TikTok adalah Wardah, Emina, dan Make Over yang sangat kreatif dalam memanfaatkan platform TikTok untuk promosi dan berjualan.

Penasaran seperti apa cara ketiga brand ini menggaet audiens TikTok?<br><br>Mari kita simak!

Penasaran seperti apa cara ketiga brand ini menggaet audiens TikTok?

Mari kita simak!

Bikin konten video singkat dan konsisten

Bikin konten video singkat dan konsisten

Trik ini dilakukan untuk menarik audiens mencari tahu lebih lanjut informasi brand hingga menggunakannya.

Tak perlu panjang dan bertele-tele, buat kamu yang ingin menirunya, buatlah konten-konten video singkat yang konsisten.

Dibandingkan konten video yang panjang atau kumpulan foto, konten video akan lebih diminati untuk pasar produk kecantikan.

Misalnya, Wardah sering membuat dan membagikan tips dan tutorial skincare dan produk kecantikan yang sesuai kondisi wajah dengan gaya penyampaian sederhana dan visual yang menarik.

"Melalui strategi yang konsisten dalam bentuk format video singkat yang menarik, kami berhasil meraih ribuan penjualan dalam waktu 24 jam melalui platform TikTok ketika kampanye Beli Lokal 12.12 berlangsung," ujar pihak Wardah lewat keterangan yang diterima Redaksi Dream.co.id pada Kamis, 28 Desember 2023.

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online
Manfaatkan momentum dan hadirkan ragam promo

Manfaatkan momentum dan hadirkan ragam promo

Siapa yang tidak suka promo?

Apalagi brand kecantikan yang disukai perempuan dari berbagai usia, seperti yang dilakukan Emina pada Harbolnas kemarin.

Pada kampanye Beli Lokal 12.12, Emina secara terus-menerus mempromosikan berbagai promo di platform TikTok sejak jauh-jauh hari sebelum kampanye itu berlangsung.

Promo-promo yang diberikan pun beragam, mulai dari diskon untuk ragam produk hingga 25% untuk sun battle, light mask, lip serum, bright stuff.

Selain itu, Emina juga hadirkan Twinpack Sun Battle 30 dengan potongan 23%, hingga promo 100K get 6 untuk skincare, dan promo-promo menarik lainnya.

Melalui TikTok, Emina sudah merasakan berbagai manfaat, antara lain berhasil mencapai peningkatan minat pembelian sebesar 10% pada momen Beli Lokal 12.12.

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online
Sering berinteraksi dengan pengguna lewat Live TikTok

Sering berinteraksi dengan pengguna lewat Live TikTok

Fitur live shopping yang ada di TikTok dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan.

Brand dapat memulai dengan memilih influencer yang tepat untuk menjangkau audiens.

Kemudian, brand dapat menggunakan gimmick seperti sticker, membuat kuis atau giveaway, atau filter agar lebih menarik secara visual.

Strategi ini pun dilakukan brand kecantikan Make Over sehingga membuat audiens akan tetap menonton konten live yang dihadirkan karena menantikan promo terbatas tersebut.

Hal ini tentunya turut membantu Make Over dalam meningkatkan jumlah penjualan dan volume pembelian saat kampanye Beli Lokal 12.12, yang mana jumlahnya meningkat jika dibandingkan bulan September.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur TikTok secara kreatif dan dengan strategi yang tepat, brand lokal dapat meraih popularitas, meningkatkan penjualan, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Mengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM
Mengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM

Tren ini pun dimanfaatkan oleh brand lokal dan UMKM dalam berjualan lewat e-commerce.

Baca Selengkapnya
Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen
Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen

Melihat tren yang berkembang jadi sasaran empuk buat strategi pemasaran suatu bisnis.

Baca Selengkapnya
Brand Parfum Lokal Makin Berkualitas, Jangan Ragu Mencoba!
Brand Parfum Lokal Makin Berkualitas, Jangan Ragu Mencoba!

Setelah makeup dan skincare, kini semakin banyak brand parfum lokal yang berkualitas. Brand parfum lokal juga memiliki identitas dan nilai yang menarik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ingin Mulai Bisnis Skincare Berbahan Alami? Simak Pengalaman Sukses Dua Brand Lokal
Ingin Mulai Bisnis Skincare Berbahan Alami? Simak Pengalaman Sukses Dua Brand Lokal

Masing-masing memiliki strategi pemasaran bisnis yang menarik, kreatif, dan inovatif.

Baca Selengkapnya
Parfum Lokal Kesukaan Ganjar Pranowo, Wanginya Sudah Tercium dari Jauh
Parfum Lokal Kesukaan Ganjar Pranowo, Wanginya Sudah Tercium dari Jauh

Dilihat dari toko resminya di e-commerce, merek parfum lokal itu dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau

Baca Selengkapnya
Nekat Banget, Bermodal Jahit Sendiri Nenek 64 Tahun Jual Tas Branded Palsu
Nekat Banget, Bermodal Jahit Sendiri Nenek 64 Tahun Jual Tas Branded Palsu

Ia sebenarnya sangat andal membuat tas yang dirancang sendiri, tapi menjual barang palsu lebih menggiurkan dalam hal keuntungan.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Tas Wanita Lokal, Lebih Terjangkau Tapi Gak Kalah Keren dengan Brand Luar
Rekomendasi Tas Wanita Lokal, Lebih Terjangkau Tapi Gak Kalah Keren dengan Brand Luar

Beberapa rekomendasi tas wanita lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Baca Selengkapnya
Survei:  Produk Lokal Telah Merajai Pasar Kosmetik Indonesia
Survei: Produk Lokal Telah Merajai Pasar Kosmetik Indonesia

Pesatnya perkembangan industri kecantikan lokal dibuktikan oleh semakin tingginya minat masyarakat pada produk lokal.

Baca Selengkapnya
Belanja Online Tak Salah Barang, Manfaatkan Fitur 'Ambil di Tempat'
Belanja Online Tak Salah Barang, Manfaatkan Fitur 'Ambil di Tempat'

Fitur belanja 'ambil di tempat' mempermudah konsumen memastikan kualitas barang secara langsung agar tidak salah beli.

Baca Selengkapnya