Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online
Dream – Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia) merilis data tentang pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia mencapai 21,9% di tahun 2023.
Hal itu menandakan bahwa tren penggunaan makeup hingga skincare di Tanah Air begitu aktif sehingga data tersebut bisa dikatakan meningkat dari tahun 2022 yakni dari 913 perusahaan kecantikan menjadi 1,010.
Pertumbuhan ini juga terlihat dari banyaknya brand lokal yang bermunculan dengan strategi kreatif di platform digital, termasuk di TikTok.
Bahkan menurut data dari TikTok Beauty Brand Playbook di tahun 2022, dari survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok, sebanyak 61% responden mengakui lebih memilih brand lokal, termasuk saat musim promo terdapat 68% responden lebih menyukai belanja produk-produk kecantikan dari brand lokal.
berita untuk kamu.
Tak cuma itu saja, antusiasme beauty addict terhadap brand kecantikan lokal juga terlihat pada saat kampanye Beli Lokal 12.12 yang berlangsung di TikTok dan Tokopedia.
Berbagai brand kecantikan lokal menawarkan produk-produk inovatif dan kualitasnya tidak kalah dengan produk luar.
Tercatat, tiga brand lokal yang cukup menonjol di TikTok adalah Wardah, Emina, dan Make Over yang sangat kreatif dalam memanfaatkan platform TikTok untuk promosi dan berjualan.
Penasaran seperti apa cara ketiga brand ini menggaet audiens TikTok?
Mari kita simak!
berita untuk kamu.
Bikin konten video singkat dan konsisten
Trik ini dilakukan untuk menarik audiens mencari tahu lebih lanjut informasi brand hingga menggunakannya.
Tak perlu panjang dan bertele-tele, buat kamu yang ingin menirunya, buatlah konten-konten video singkat yang konsisten.
Dibandingkan konten video yang panjang atau kumpulan foto, konten video akan lebih diminati untuk pasar produk kecantikan.
Misalnya, Wardah sering membuat dan membagikan tips dan tutorial skincare dan produk kecantikan yang sesuai kondisi wajah dengan gaya penyampaian sederhana dan visual yang menarik.
"Melalui strategi yang konsisten dalam bentuk format video singkat yang menarik, kami berhasil meraih ribuan penjualan dalam waktu 24 jam melalui platform TikTok ketika kampanye Beli Lokal 12.12 berlangsung," ujar pihak Wardah lewat keterangan yang diterima Redaksi Dream.co.id pada Kamis, 28 Desember 2023.
Manfaatkan momentum dan hadirkan ragam promo
Siapa yang tidak suka promo?
Apalagi brand kecantikan yang disukai perempuan dari berbagai usia, seperti yang dilakukan Emina pada Harbolnas kemarin.
Pada kampanye Beli Lokal 12.12, Emina secara terus-menerus mempromosikan berbagai promo di platform TikTok sejak jauh-jauh hari sebelum kampanye itu berlangsung.
Promo-promo yang diberikan pun beragam, mulai dari diskon untuk ragam produk hingga 25% untuk sun battle, light mask, lip serum, bright stuff.
Selain itu, Emina juga hadirkan Twinpack Sun Battle 30 dengan potongan 23%, hingga promo 100K get 6 untuk skincare, dan promo-promo menarik lainnya.
Melalui TikTok, Emina sudah merasakan berbagai manfaat, antara lain berhasil mencapai peningkatan minat pembelian sebesar 10% pada momen Beli Lokal 12.12.
Sering berinteraksi dengan pengguna lewat Live TikTok
Fitur live shopping yang ada di TikTok dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan.
Brand dapat memulai dengan memilih influencer yang tepat untuk menjangkau audiens.
Kemudian, brand dapat menggunakan gimmick seperti sticker, membuat kuis atau giveaway, atau filter agar lebih menarik secara visual.
Strategi ini pun dilakukan brand kecantikan Make Over sehingga membuat audiens akan tetap menonton konten live yang dihadirkan karena menantikan promo terbatas tersebut.
Hal ini tentunya turut membantu Make Over dalam meningkatkan jumlah penjualan dan volume pembelian saat kampanye Beli Lokal 12.12, yang mana jumlahnya meningkat jika dibandingkan bulan September.
Dengan memanfaatkan fitur-fitur TikTok secara kreatif dan dengan strategi yang tepat, brand lokal dapat meraih popularitas, meningkatkan penjualan, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.
- dwi ratih
Tren ini pun dimanfaatkan oleh brand lokal dan UMKM dalam berjualan lewat e-commerce.
Baca SelengkapnyaMelihat tren yang berkembang jadi sasaran empuk buat strategi pemasaran suatu bisnis.
Baca SelengkapnyaSetelah makeup dan skincare, kini semakin banyak brand parfum lokal yang berkualitas. Brand parfum lokal juga memiliki identitas dan nilai yang menarik.
Baca Selengkapnyavideo untuk kamu.
Masing-masing memiliki strategi pemasaran bisnis yang menarik, kreatif, dan inovatif.
Baca SelengkapnyaDilihat dari toko resminya di e-commerce, merek parfum lokal itu dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau
Baca SelengkapnyaIa sebenarnya sangat andal membuat tas yang dirancang sendiri, tapi menjual barang palsu lebih menggiurkan dalam hal keuntungan.
Baca SelengkapnyaBeberapa rekomendasi tas wanita lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau.
Baca SelengkapnyaPesatnya perkembangan industri kecantikan lokal dibuktikan oleh semakin tingginya minat masyarakat pada produk lokal.
Baca SelengkapnyaFitur belanja 'ambil di tempat' mempermudah konsumen memastikan kualitas barang secara langsung agar tidak salah beli.
Baca Selengkapnya