Tenun Baduy dan Batik Lebak 'Tebar Pesona' di Pasar Hamburg

Keindahan kain tenun dari Baduy dikagumi masyarakat Eropa

Ratih Wulan
| 9 Oktober 2018 09:09

Dream - Keindahan kain etnik dari berbagai daerah di Indonesia berhasil memikat mata dunia. Kali ini giliran tenun Baduy dan Batik Lebak, Banten yang di tampilkan di negeri orang.

Melalui gelaran Pasar Hamburg, sebuah festival budaya Indonesia terbesar di Eropa yang selalu dikunjungi puluhan ribu orang. Tak hanya berasal dari Jerman saja, namun beberapa negara di sekitarnya ikut berkunjung.

Diungkap Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya jika Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) Kabupaten Lebak menampilkan peragaan busana tenun dan batik selama fetival berlanngsung. Mereka menyajikan berbagai motif tenun Baduy, batik Lebak, kerajinan khas Indonesia, seni komtemporer Nusantara pada 6-9 Oktober 2018.

 Tenun Baduy dan Batik Lebak 'Tebar Pesona' di Pasar Hamburg

" Sebanyak 30 busana yang dirancang dari Tenun Baduy dan Batik Lebak akan ditampilkan pada fashion show festival budaya pasar Hamburg Jerman dibagi dalam 3 bagian, setiap bagiannya menampilkan 10 busana," ungkap Iti melalui Instagramnya @viajayabaya.

Pada hari pertama, akan ditampilkan 10 busana yang dirancang dari tenun Baduy. Sedangkan pada hari ini,7 Oktober 2018 akan ditampilkan 20 busana tenun Baduy dan batik Lebak.

" Selain fashion show tenun baduy dan batik lebak, Dekranasda Lebak juga mendirikan stand hasil kerajinan khas lebak seperti batik lebak, makanan, tas bambu buatan santri dari Kec. Wanasalam dan kerajinan tangan lainnya," imbuhnya.

 Tenun Baduy dan Batik Lebak 'Tebar Pesona' di Pasar Hamburg

" Tenun Baduy memotivasi dekranasda lebak untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan ke mata dunia, hal ini berdasarkan dari kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara khususnya yang mengunjungi Baduy dan mengagumi motif serta perpaduan warna pada tenun baduy yang sangat bagus dan indah."

Tak hanya untuk menarik minat warga asing, karena nyatanya Pasar Hamburg menjadi pengobat rindu bagi orang Indonesia yang tinggal di sana.

Tidak sedikit warga Indonesia yang rindu Tanah Air mengunjungi festival budaya yang bertajuk " pasar hamburg" , ini diungkapkan sejumlah warga Indonesia yang tinggal di Berlokasi di Hamburg Messehalle, Hamburg, Jerman, yang menjadi salah satu festival budaya Indonesia tahunan terbesar di Eropa.

Sedangkan Pasar Hamburg sendiri merupakan sebuah acara yang digagas sebuha yayasan pertukaran budaya Indonesia-Jerman. Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya Indonesia, sekaligus sebagai tempat pertemuan segenap insan kreatif dunia.

Topik Terkait :

Titi Qadarsih Meninggal, Ini Impian Titi Qadarsih Yang Belum Terwujud

Jangan Lewatkan