logo Dream.co.idDream.co.id

Parade Busana Hijab Sustainable dari Serat Alami

Desainer terus berinovasi menciptakan busana ramah lingkungan.

Parade Busana Hijab Sustainable dari Serat Alami
Annisa Mutiara Asharini
| 27 November 2019 13:44

Dream - Pengaruh fashion terhadap pencemaran lingkungan tak bisa dianggap sepele. Tren fast fashion yang berkembang di kota-kota besar menyumbang limbah yang mengotori bumi.

Berbagai upaya terus dilakukan desainer untuk mengurangi bahan baku bersifat pencemar dalam setiap rancangan mereka. Salah satunya dengan memakai organic silk dan tencel.

Material ini merupakan serat alami yang terbuat dari kayu bersertifikat khusus dan ramah lingkungan. Tekstur kain yang lembut, ringan dan breathable sangat cocok dengan iklim tropis Indonesia. Daya serapnya yang tinggi juga membuat pengguna tetap nyaman dan mencegah munculnya bakteri.

 Shafira

Foto: Dok. Shafira

Bahan tersebut banyak ditemukan di rancangan modest wear dan hijab. Salah satunya koleksi 'Raison d'Etre' persembahan brand busana muslim Shafira.

“ Kami harap para pecinta busana muslim bisa mendapatkan produk mode yang berkualitas tinggi dan juga mendukung industri mode muslim yang lebih sustainable,” ujar Winston A. Mulyadi, Commercial Head Lenzing SEA lewat rilis yang diterima Dream, Rabu 27 November 2019.

Dituangkan dalam berbagai material berserat natural, polesan warna cantik ditampilkan dalam motif indah yang dibuat melalui teknik organic printing untuk menyajikan sebuah suguhan koleksi busana pret-a-porter yang berasal dari material organik, baik dari penggunaan bahan maupun pada proses produksinya.

 Shafira

Foto: Dok. Shafira

Busana juga dibuat dengan metode upcycling dengan menyulap material sisa produksi menjadi suguhan karya fashion dengan patch work sebagai aksen yang menambah daya tarik serta menyiratkan perjalanan menuju industri yang less-waste.

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan