Di Balik Tren Meningkatnya Modest Fashion

Perkembangan global menandai munculnya gerakan baru di dunia fashion. Gerakan itulah yang disebut modest fashion, istilah yang merujuk pada gaya berbusana lebih tertutup dan santun.

Cynthia Amanda Male
| 2 Agustus 2018 09:13

Dream - Busana muslim sedang merajai pasar fashion Indonesia. Bahkan, beberapa produksi lokal mulai dilirik dunia.

" Di Indonesia, busana muslim sudah mulai dilirik di awal 90-an. Dan meningkat di atas tahun 2000. Dulu, yang pakai hijab sedikit. Ketika mulai banyak, desainer pun mengikuti permintaan pasar karena responnya tinggi," kata Ali Charisma, Ketua Indonesia Fashion Chamber ketika dihubungi Dream, Selasa kemarin.

Maraknya pasar modest fashion tidak lepas dari dorongan tren internasional. Modest fashion mulai dilirik ketika krisis Eropa. Akibat krisis tersebut, penjualan busana konvensional menurun dan modest fashion pun menyeruak ke permukaan.

" Dulu, permintaan busana muslim juga tinggi. Tapi, tidak terlalu kelihatan. Saat krisis sekitar 2009-2011, penjualan busana konvensional menurun dan modest fashion mulai menonjol," jelasnya.

Momen itu dimanfaatkan para pelaku fashion untuk memproduksi dan mempromosikan busana muslim. Mereka berlomba-lomba mengubah 'DNA' label supaya bisa menjual busana tertutup.

" Semuanya mengubah DNA brand-nya, supaya yang tadinya seksi maupun transparan, bisa dijadikan lebih tertutup dan dipakai semua kalangan. Permintaannya besar sekali. Perusahaan besar dan investor pun melirik modest fashion," ujarnya.

Walaupun didorong tren busana internasional, sebenarnya tren ini belum sepenuhnya menguasai pasar dunia. Hanya saja, Indonesia merupakan target pasar terbesar untuk tren ini.

Jadi, tren busana tertutup dimanfaatkan Indonesia untuk 'mendongkrak' industri fashion, sekaligus perekonomian lokal.

" Pasar modest fashion lokal sudah terlalu besar untuk tidak direspon. Di sini ada berbagai aliran modest fashion. Jadi, sayang sekali kalau sampai pasarnya diambil oleh brand luar negeri," tutur dia.

 

Selanjutnya :

Ada Tantangan Besar

Topik Terkait :

Lepas dari tsunami di Dermaga Wani

Jangan Lewatkan