logo Dream.co.idDream.co.id

4 Tips Merawat Baju Beludru Agar Tidak Mudah Kusam

Beludru paling enak dikanakan untuk traveling, agara tidak mudah kusut ada cara perawatannya.

4 Tips Merawat Baju Beludru Agar Tidak Mudah Kusam
Ratih Wulan
| 7 Februari 2018 14:03

Dream - Beberapa tahun belakangan, kain velvet atau lebih populer disebut beludru menjadi favorit para wanita. Hampir semua fashion item, mengenakan bludur sebagai bahan utama.

Mulai dari gaun, bodysuit, blazer, topi hingga sepatu yang terlihat sangat fancy.

Kain yang memberi kesan mewah ini, membutuhkan perawatan yang lebih spesifik. Bagi penggemar beludru, sebaiknya menjaga kondisinya agar tetap bersih agar tidak cepat rusak. Untungnya, ada cara mudah untuk merawat beludru agar tidak mudah terkelupas.

 Shutterstock

Dilansir dari Whowhatwear, ada 4 cara simpel untuk merawat velvet.

Kenali jenis bludru
Hal yang pertama harus kalian tahu adalah jenis kain dasarnya. Sebelum mencuci, sebaiknya periksa label untuk menentukan kandungan bahan pakaian beludru tersebut.

Beledru sutra biasanya terliht sangat mewah sehingga harus dibersihkan dengan pencucian profesional. Velveteen yang berasal dari katun, rayon dan poliester biasa dicuci dengan tangan.

Solusi pembersihan alami
Salah satu metode yang disarankan untuk mencuci pakaian berbahan velvet adalah dengan menggabungkan baking soda dan perasan lemon.

 Shutterstock

Giling cucian perlahan

Jika ingin mencuci baju berbahan beludru di mesin cuci, sebaiknya gunakan siklus yang benar. Cuci memakai air dingin dengan kekuatan menggiling yang lembut. Lalu, usahakan tidak memakai mesin pengering setelahnya. Pastikan untuk memisahkan beludru dari pakaian bertekstur kasar.

Gunakan steamer
Baju yang terbuat dari beludru biasanya sangat efektif dikenakan saaat liburan. Untuk membuatnya tetap halus, siapkan steamer berukuran kecil agara mudah selama di perjalanan.

Topik Terkait :

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna

Jangan Lewatkan