logo Dream.co.idDream.co.id

Hijabers ini Jadi Tukang Las Bawah Laut Pertama di Malaysia

Ia melakukan pekerjaan yang sangat esktrim.

Hijabers ini Jadi Tukang Las Bawah Laut Pertama di Malaysia
Annisa Mutiara Asharini
| 10 Juli 2019 13:31

Dream - Tukang las identik dengan pekerjaan kaum pria. Namun seorang hijabers di Malaysia berhasil menjadi sorotan karena profesinya yang merupakan tukang las bawah laut.

Pengelas bawah laut bertugas menyambung bagian logam dengan memakai energi panas untuk memperbaiki badan kapal, konstruksi pipa air, rig, jembatan atau bagunan lainnya yang terendam oleh air laut.

Pekerjaan ini sangat berbahaya. Banyak rintangan yang mungkin terjadi, seperti gelembung air yang mengganggu penglihatan hingga tekanan air yang bisa menghancurkan tubuh.

 Hijabers

Foto: Weldfab Tech

Dalam Tweet viral dari pengguna Twitter 70E @F4HM1EY, ada seorang wanita yang bekerja di bawah laut sebagai tukang las. Kisah Nur Izzati Athirah Mohammad langsung saja menjadi sorotan.

Anak kedua dari empat bersaudara itu lahir dan dibesarkan di Kampung Kuala Sungai Rambutan, Rantau Panjang, distrik Selama Perak, Malaysia. Sejak masih kecil ia tidak memiliki ketertarikan dengan mainan menggemaskan seperti boneka.

" Saya agak sedikit kasar dan tomboi. Bukannya main boneka, saya malah memainkan mainan anak laki-laki di sekitar rumah saya," ujar Athirah, dilansir dari Weldfab Tech.

Ia bahkan memiliki cita-cita sebagai prajurit angkatan darat. Namun Athirah mulai mengenal dunia pengelasan ketika menjadi mahasiswi Kolej Vokasional Taiping, Kemunting, Taiping, Perak, Malaysia.

 Hijabers

Foto: Weldfab Tech

Hijabers 22 tahun itu menjadi satu-satunya wanita yang menekuni dunia pengelasan di kampus tersebut pada 2013.

“ Saya sangat kagum dengan demonstrasi pengelasan bawah laut. Saya terpesona dengan konsep dan kecanggihan pengelasan di bawah laut," ungkapnya.

Athirah kemudian mengikuti pelatihan pengelasan bawah laut di Weldzone Training Center dan diangkat menjadi asisten instruktur satu tahun berikutnya.

 Hijabers

Foto: Weldfab Tech

Lagi, ia kembali menjadi satu-satunya wanita di tempat itu.

“ Saya merasa beruntung karena orangtua mendukung passion saya. Mimpi yang ingin saya raih selanjutnya adalah melakukan pengelasan bawah laut di luar negeri,” tutupnya.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya

Jangan Lewatkan