logo Dream.co.idDream.co.id

5 Langkah Mudah Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi

Nyeri menstruasi bisa diatasi dengan menghindari makanan tertentu.

5 Langkah Mudah Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi
Ratih Wulan
| 5 April 2018 15:22

Dream - Nyeri menstruasi tak tertahankan menghantui sebagian besar perempuan. Perubahan hormon dapat menyebabkan rasa sakit datang bersamaan.

Ini merupakan siklus alami yang menyebabkan perubahan di ovarium dan rahim wanita. Lapisan rahim yang bersiap menerima embrio akan terasa sangat sakit jika tidak dibuahi.

Proses penumpahan embrio pada lapisan tebal inilah yang menyebabkan terjadinya siklus mentruasi.

Lapisan rahim menghasilkan zat kimia yang disebut prostaglandin, sebuah zat kimia ini berhubungan dengan ketidaknyamanan selama siklus menstruasi. Sebab, menstimulasi otot-otot uterus.

Sedangkan kram menstruasi adalah hasil dari kontraksi yang menyakitkan atau berlebihan dari otot uterus. Dilansir dari Boldsky, otot-otot ini menekan pembuluh darah yang memnyebabkan suplai oksigen ke uterus terputus.

Nah, karena kekurangan oksigen itulah maka timbul rasa sakit dan kram. Rasa sakit yang menjealar ke bagian belakang dan perut itulah disebut dysmenorrhea.

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, dysmenorrhea yang berlebihan dapat menganggu aktivitas seseorang. Jika kamu sering merasakan keluhan yang sama, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya.

1. Kompres air hangat

 Shutterstock

Mengompres perut bagian bawah dengan air hangat dapat meredakan rasa nyeri. Cara ini akan membantu membuat tubuh tetap bebas bergerak.

2. Pijat

 Shutterstock

Pijat bagian perut, punggung dan bagian sekitarnya selama 15 menit untuk mengurangi kram hingga 90 persen. Tambahkan minyak esensial untuk memijat. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun atau minyak kelapa. Aromaterapi memiliki manfaat tambahan untuk menangkan pikiran.

3. Makanan yang harus dihindari

 Shutterstock

Sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan retensi air atau perut kembung. Jauhi minuman yang berkarbonasi, kafein, makanan berlemak dan kelebihan garam karena mengacaukan kadar gula darah dan memperparah kram.

4. Olahraga

 Shutterstock

Lakukan latihan fisik apa saja yang dapat membuat tubuh terasa bugar, menjaga otot-otot tetap sehat. Otot yang sehat dapat mengurangi kontraksi otot-otot uterus. Latihan seperti ini sebaiknya dilakukan sebelum periode menstruasi.

Berjalan-jalan atau bersantai dengan gerakan yoga menjadi olahraga yang dianjurkan. Lakukan latihan untuk melepas endorfin yang membuat pikiran bahagia dan gejala-gejala menstrusi hilang.

5. Diet

 Shutterstock

Cobalah untuk meninggalkan kebiasan buruk mengonsumsi junkfood. Ganti dengan makanan kaya serat, vitamin, zat besi dan asam lemak omega 3.

Konsumsi pepaya, almon, biji labu, brokoli, beras merah, minyak zaitun, sayuran hijau, ikan dan ayam yang kaya kandungan di atas.

Tren Busana Muslimah di Panggung indonesia Fashion Week 2019

Jangan Lewatkan