logo Dream.co.idDream.co.id

Wajib Tahu! Saran Dokter untuk Merawat Rambut Berhijab

Rambut berhijab sering rusak karena lembab, keramas tidak kering atau diikat terlalu lama.

Wajib Tahu! Saran Dokter untuk Merawat Rambut Berhijab
Gladys Velonia
| 21 November 2017 19:05

Dream - Adakalanya, kecantikan wanita terpancar dari rambut yang panjang dan indah. Sebab itu, rambut acapkali dijuluki sebagai mahkota perempuan.

Karena itulah, para Muslimah diharuskan untuk menutup rambutnya. Agar tidak menggoda pandangan lawan jenis yang melihatnya.

Lalu, bagaimana perawatan yang tepat untuk rambut wanita berhijab? Seharian ditutup rapat, pastinya rentan terhadap kerusakan dan kerontokan.

" Permasalahan rambut wanita berhijab itu, karena seharian dikuncir. Malah kadang masih basah, sudah dikuncir, habis itu ditutup. Makanya terancam bau dan rapuh karena terus-terusan diikat," tutur Sari Chairunnisa, dokter kesehatan rambut dan kulit kepala, di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

 Natasha Rizky

Untuk tindakan pencegahan, Sari memberikan tips-tips sederhana untuk wanita berhijab. Dokter berhijab ini lebih menyarankan jika lebih baik jadwal keramas diatur. Hal itu betujuan agar dapat kering maksimal, saat tidak bertepatan dengan jadwal kerja atau kuliah.

" Pertama, untuk rambut yang panjang biasanya selalu diikat. Selesai aktivitas, sebaiknya dilepas, digerai, biarkan rambut bebas. Kedua, saat keramas, jangan langsung dibilas, didiamkan dulu, kemudian dikeringkan, jangan langsung dikuncir," jelasnya.

Selain itu, Sari juga menyarankan agar setiap perempuan memahami kondisi kulit kepalanya. Sehingga dapat memilih kandungan shampo yang dibutuhkan rambut.

" Ketiga, kenali jenis rambut kita dan kulit kepala kita, sehingga kita tahu jenis shampoo apa yang digunakan," lanjutnya.

Dan yang terakhir adalah, jangan sisir rambut dalam keadaan basah. Sebaiknya, biarkan rambut dalam kondisi kering dulu, baru disisir.

" Karena kalau basah lalu disisir, akan ada fraksi yang terlalu kuat, sehingga membuat rambut mudah patah. Harusnya diamkan hingga kering, baru di sisir. Pilihlah sisir yang lembut ya," tegasnya.

 

Topik Terkait :

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair

Jangan Lewatkan