logo Dream.co.idDream.co.id

Tips Memilih Pembersih Wajah Ideal Sesuai Kebutuhan Kulit

Usahakan untuk menghindari sabun wajah yang berkandungan basa tinggi, dapat sebabkan jerawat.

Tips Memilih Pembersih Wajah Ideal Sesuai Kebutuhan Kulit
Ratih Wulan
| 2 Mei 2018 16:22

Dream - Pembersih wajah merupakan kunci penting perawatan kulit. Sebab itu, jangan memakai produk sembarangan agar tidak merusak kesehatan kulit.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tingkat pH pembersih. Menurut dokter kecantikan dari SkinStation, Maria Margarita Macachor banyak masalah kulit seperti kering, jerawat dan iritasi terjadi karena pH kulit tidak seimbang.

Namun tak perlu khawatir wajah menjadi basa, karena ada cara mudah untuk menentukan kadar pH yang tepat untuk setiap kulit.

 Shutterstock

Dilansir dari Preview.ph, sebaiknya memilih pembersih yang mengandung pH dari skala nol hingga 14. Pada tingkat pH nol itu berarti menjadi yang paling asam, sedangkan pada tingkat 14 adalah yang paling basa.

Sementara kulit sendiri pada umumnya memiliki keseimbangan 5 atau 5,5.

Namun sayangnya, banyak produk sabun pembersih yang bersifat basa. Dijelaskan Maria, pada umumnya sabun dbuat dengan lemak dan minyak alkali yang kuat.

 Shutterstock

Pemakaian pembersih atau sabun wajah yang mengandung alkali akan menyebabkan pH kulit meningkat. Ujung-ujungnya malah menyebabkan dehidrasi dan memicu pertumbuhan jerawat.

Sementara pembersih dengan pH rendah dapat menjaga kondisi kulit tetap seimbang. Mencegah dehidrasi dan risiko iritasi kulit.

" Disarankan untuk menjaga pH kulit sekitar 5,5 untuk mempertahankan acid mantel sebagai pelindung alami kulit kita," tutur Maria.

Lalu bagaimana cara mengetahui pembersih wajah bersifat asam atau basa?

 Shutterstock

Sediakan air, pembersih wajah dan kertas lakmus. Campurkan pembersih dengan air keran, lalu tekan kertas litmus secara lembut ke dalam campuran selama beberapa detik. Setelah kertas mengering, bandingkan warnanya dengan skala ukur yang terdapat pada kertas lakmus.

Jika hasilnya menunjukan skala 0-6 berarti asam dan bagus untuk wajah. Tapi, jika pH-nya berada di angka 7 itu artinya netral.

Namun jika rona kertas berada di skala 8-14, disarankan untuk membeli pencuci wajah yang lebih aman.

Topik Terkait :

Prosesi Pernikahan Di Sambut Lemparan Bola Voli Hingga Kendaraan Forklift

Jangan Lewatkan