Perawatan Wajib Bagi Hijabers yang Ingin Berenang

Jangan mengabaikan perawatan kulit dan rammbut setelah berenang.

Ratih Wulan
| 12 Februari 2018 19:03

Dream - Berenang bisa menjadi salah satu cara untuk relaksasi. Selain itu, kamu juga bisa merasakan manfaat olahraga dengan berenang. Tapi hati-hati, berenang bisa menimbulkan masalah kecantikan.

Meski berkerudung, rambut juga bisa terpapar oleh klorin yang terdapat di dalam air kolam. Beberapa masalah yang umum terjadi adalah rambut kusut, rontok, kulit kering hingga berjerawat.

Begitu pula dengan tubuh yang tertutup rapat, belum tentu bisa melindungi bahaya paparan sinar matahari langsung.

Jangan khawatir, hal tersebut bisa dicegah asalkan Sahabat Dream bisa melindungi tubuh dengan benar. Dilansir dari Boldsky, berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika pergi berenang.

Sebelum Berenang

 Shutterstock

1. Memakai Tabir Surya
Walaupun tubuhmu tertutupi oleh pakaian renang, bukan berarti ia akan terlindungi. Kamu tetap harus memakai tabir surya agar kulit terlindungi dari sinar matahari dan juga klorin.

2. Memakai Kondisioner
Sebelum memakai hijab khusus renang, ada baiknya untuk memakai kondisioner pada rambut. Kondisioner bisa melindungi rambut dari klorin sehingga tidak kusut dan rapuh.

3. Memakai Shower
Sebelum masuk ke dalam air, cobalah untuk mandi di bawah pancuran terlebih dahulu. Bilas sisa kondisioner pada rambut hingga bersih. Setelah itu, pasang hijab dengan benar agar tidak ada helai rambut yang terpapar langsung dengan air.

Setelah Berenang

 Shutterstock

1. Lansung Mandi
Setelah selesai, disarankan untuk lekas pergi mandi. Hal ini dilakukan guna menghapus sisa-sisa zat kimia yang menempel pada tubuh. Ada baiknya untuk mandi dengan air hangat agar kulit tidak kehilangan pelembab alaminya.

2. Keramas
Keramaslah dengan bersih agar klorin tidak menempel pada kulit kepala. Apabila dibiarkan, klorin bisa membuat rambut menjadi mudah rontok. Kamu juga bisa memakai kondisioner agar rambut tidak terlalu kusut ketika disisir.

3. Mencuci Wajah
Jangan lupa mencuci wajah dengan memakai sabun pembersih. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya jerawat akibat zat kimia dari air kolam.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Cowok-Cowok Ditantang Pakai Masker + Nyanyi Lagu Nasional, Bisa Nggak Sih?

Jangan Lewatkan