Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Putih yang Muncul di Kuku

Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Putih yang Muncul di Kuku (Foto: Shutterstock)

Dream - Perawatan kecantikan bukan hanya melulu soal kulit dan wajah saja. Bagian tangan, terutama kuku, juga harus mendapat perhatian ekstra.

Salah satu masalah yang sering dihadapi kaum wanita saat merawat kuku adalah munculnya garis atau bintik putih pada permukaannya.

Garis atau bintik putih pada kuku merupakan indikasi kondisi yang disebut leukonychia. Kondisi ini biasanya terjadi di kuku jari atau kaki. Untungnya, kondisi tersebut bukan merupakan masalah yang sangat serius di dunia medis.

Leukonychia adalah sebuah kondisi yang umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk alergi pada produk perawatan kuku, infeksi jamur, luka pada kuku, dan kekurangan mineral seperti seng dan kalsium.

Untuk mengatasi atau menghilangkan leukonychia ini sebenarnya mudah. Jika karena faktor kekurangan mineral, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung seng dan kalsium.

Namun ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan untuk menghilangkan leukony-chia ini. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan leukonychia menggunakan bahan-bahan alami.

1. Minyak Esensial

Shutterstock

Minyak esensial seperti minyak pohon teh atau minyak bunga lavender bisa dipakai untuk menghilangkan leukonychia secara alami. Untuk 6 tetes minyak pohon teh, dicampur dengan 15 ml minyak zaitun. Oleskan ke area kuku sambil dipijat lembut. Kemudian biarkan 15 sampai 20 menit, sebelum dicuci dengan air hangat. Ulangi cara ini 1 sampai 2 kali setiap hari selama seminggu.

Sedangkan untuk 6 tetes minyak bunga lavender bisa dicampur dengan 15 ml minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan ke area kuku sambil dipijat lembut. Kemudian biarkan 15 menit sebelum dicuci dengan air biasa. Ulangi cara ini dua kali setiap hari sampai terlihat hasilnya.

2. Konsumsi Vitamin dan Mineral

Shutterstock

Kekurangan vitamin C, kalsium, dan seng dapat menyebabkan munculnya garis atau bintik putih pada kuku. Oleh karena itu, Sahabat Dream perlu mendapatkan cukup nutrisi melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Buah jeruk, sayuran berdaun, tiram, kacang, daging ayam, susu, yogurt, dan sarden merupakan sumber nutrisi yang baik untuk mengatasi leukonychia.

3. Lemon

Shutterstock

Lemon bisa digunakan untuk menghilangkan leukonychia. Caranya, campurkan 1 sampai 2 sendok teh perasan jeruk lemon dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kuku dan cuci dengan air biasa setelah didiamkan selama 20 sampai 30 menit. Lakukan cara ini sekali sehari.

4. Minyak Kelapa

Shutterstock

Untuk mengatasi leukonychia bisa menggunakan minyak dari kelapa organik. Pertama, ambil minyak kelapa dengan tangan dan pijatkan di area kuku. Setelah selesai, biarkan selama satu hari. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Baking Soda

Shutterstock

Leukonychia bisa diatasi dengan baking soda. Yang dibutuhkan adalah 170 gram bak-ing soda, 118 ml cuka sari apel, dan 118 ml air hangat. Caranya, campur baking soda dan cuka sari apel, kemudian tambahkan air hangat ke dalamnya. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata. Setelah itu, celupkan semua jari ke dalam wadah berisi bahan tersebut selama 15-20 menit. Lakukan cara ini sekali sehari selama seminggu.

6. Bawang Putih

Shutterstock

Bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi leukonychia. Caranya, cincang bawang putih sampai benar-benar halus dan oleskan ke kuku. Bungkus kuku dengan kain dan biarkan bawang putih bekerja. Begitu bawang putih mengering, buka kainnya dan cuci kuku dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan 2 atau 3 hari sekali sampai memperoleh hasil yang diinginkan.

(Sumber: Stylecraze.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bintik Komedo Kecil Jangan Diabaikan, Atasi Segera dengan Bahan Rumahan

Bintik Komedo Kecil Jangan Diabaikan, Atasi Segera dengan Bahan Rumahan

Tak jarang ketika menatap cermin terasa kesal saat menyoroti titik-titik komedo kecil yang muncul di hidung.

Baca Selengkapnya
7 Penyebab Bintik Pada Bibir yang Mengganggu dan Solusi Ampuh Mengatasinya

7 Penyebab Bintik Pada Bibir yang Mengganggu dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Kekurangan nutrisi dan penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok bisa menjadi penyebab bibir bintik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Perut Mudah Buncit Setelah Menikah? Ternyata Ini Alasannya

Perut Mudah Buncit Setelah Menikah? Ternyata Ini Alasannya

Banyak orang yang memiliki perut buncit setelah menikah. Cari tahu alasannya menurut penelitian dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Penuhi Asupan Zat Besi Biar Uban Tak Cepat Muncul

Penuhi Asupan Zat Besi Biar Uban Tak Cepat Muncul

Sebagian orang memiliki uban dari usia muda dan ingin menghilangkannya. Intip penjelasan dokter kulit tentang upaya menghilangkan uban.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

Acara makan paling asyik bareng teman-teman. Nah, kalau sedang ngumpul begini, ada yang bergaya seperti Dreamitie yang satu ini nggak sih?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Makanan Teraneh Anak Kost

BUNGKUS! Makanan Teraneh Anak Kost

Sahabat Dream pernah tinggal ngekos? Kalau kamu makanan teraneh apa yang pernah dicoba?

Baca Selengkapnya