Nampak Jelek Saat Menstruasi? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

aat menstruasi kulit cenderung menejadi kering dan kusam, ternyata ada pemicunya.

Ratih Wulan
| 12 Februari 2018 09:31

Dream - Saat menstruasi, tak jarang wanita mengalami kesakitan hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ternyata, periode haid perempuan tak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman di sekitar perut saja loh.

Menurut laporan Stylecaster, tamu bulanan itu dapat mempengaruhi kondisi kulit juga. Kulit terlihat kusam selama masa menstruasi.

Dokter Mellisa Piliang, seorang dermatolog di sebuah klinik Cleveland membenarkan hal itu. Menurutnya, semua bagian siklus mentruasi dapat mempengaruhi kulit.

 Shutterstock

" Selama menstruasi, tingkat hormon rendah. Kulit akan menjadi kering, lebih sensitif dan lebih rentan terhadap peregangan," jelasnya.

Untuk mencegahnya makin parah, Mellisa menyarankan agar para perempuan tidak malas merawat kulit. Dimulai dengan menerapkan pelembab bebas aroma sebanyak 2 kali sehari. Selain itu, sebaiknya hindari pula memakai sabun berkandungan keras.

 Shutterstock

Selama haid, usahakan agar tidak mandi menggunakan air panas. Tambahkan pemakaian masker yogurt untuk mendapatkan sensasi tenang, mengurangi peradangan dan meredakan kulit sensitif.

Setelah menstruasi akan selesai, biasanya akan diikuti dnegan peningkatan jumlah estrogen.

" Estrogen berarti sel kulit lebih besar. Kulit akan tampak lebih kenyang dan lebih kenyal. Ini adalah saat yang tepat untuk pengelupasan kulit ringan," imbuhnya.

Sedangkan setelah selesai berovulasi,kadar estrogen akan turun. Berbanding terbalik dengan progesteron yang malah meningkat. Pada kondisi ini, biasanya akan menyebabkan produksi sebeum meningkatkan. Menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak.

 Shutterstock

Selain itu, sel-sel kulit yang melapisi folikel rambut menjadi lengket. Menjadi penyebab pori-pori nampak lebih besar dari biasanya. Bahkan, dalam kondisi lebih parah akan menyebabkan komedo dan whiteheads.

Untuk mengembalikan keseimbangan kulit wajah, Mellisa menyarankan untuk melakukan facial setelah menstruasi.

Topik Terkait :

Cowok-Cowok Ditantang Pakai Masker + Nyanyi Lagu Nasional, Bisa Nggak Sih?

Jangan Lewatkan