Maskara Waterproof Mengancam Kesehatan Mata?

Maskara waterproof menyimpana bahaya di balim hasilnya yang membuat bulu mata luar biasa.

Cynthia Amanda Male
| 17 April 2018 15:22

Dream - Memilih produk makeup haruslah teliti. Periksa kandungan dan aplikator produk, agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya untuk kulit wajah.

Efek samping bahan kimia dapat berakibat fatal karena bersentuhan langsung ke kulit. Selah satunya harus selektif dalam memilih maskara.

Bahan berbahaya di dalam maskara dapat menyebabkan bulu mata rontok. Dalam jangka panjang, dapat menyebabkan bulu mata sulit tumbuh lagi.

Untuk menghindari hal itu, ada beberapa tips dari Popsugar untuk memilih maskara yang aman.

 Shutterstock

Memilih Formula
Hampir setiap orang menginginkan makeup yang tahan lama. Biasanya hal itu biasa didapatkan dengan memakai makeup tahan air. Tapi, hal tersebut juga ada efek sampingnya.

Maskara waterproof, cenderung lebih kering dan menyerap kelembaban bulu mata. Itu lah yang menyebabkan bulu mata sering rontok.

Walaupun dibersihkan dengan baby oil, minyak zaitun maupun susu pembersih, mascara yang waterproof akan membuat bulu mata rapuh. Produk remover yang diklaim bisa menjaga kelembaban kulit dan rambut, tak mampu mencegah kerusakan di sekitar mata.

Apalagi ketika makeup masih sulit dibersihkan, biasanya harus digosok dengan kasar. Jadi, sebaiknya pilihlah mascara yang smudge proof agar lebih aman dan nyaman untuk bulu mata dan kulit di area sekitar mata.

 Shutterstock

Cek Kandungan Produk
Tidak hanya berbahaya bagi bulu mata dan kulit di sekitarnya, maskara juga sangat berbahaya untuk kesehatan bola mata. Saat merasa maskara yang kurang cocok dikenakan, sebaiknya segera dibersihkan.

Jika dibiarkan dalam waktu lama bisa menyebabkan alergi, infeksi, inflamasi bahkan eczema.

Kandungan teflon, paraben dan sulfat yang kerap digunakan untuk produk makeup sangat sensitif jika diterapkan pada kulit. Jadi, hindari produk dengan kandungan bahan berbahaya yang berlebihan.

Jaga Kelembabannya
Untuk menjaga kelembaban, hindari pemakaian maskara waterproof yang cenderung menyerap kelembaban, dan membuat bulu mata lebih cepat patah dan rontok.

Kalau masih ingin bertahan dengan maskara waterproof, jagalah kelembaban bulu mata dengan rajin membersihkan bulu mata sebelum tidur.

 Shutterstock

Merawat Bulu Mata
Jika merawat wajah harus dengan double-cleansing, bulu mata hanya butuh pemakaian vitamin E secara rutin.

Gunakan spoolie/sikat mascara untuk pemakaian yang lebih rapi dan higienis. Lalu, bersihkan bulu mata dengan makeup atau eye makeup remover agar bulu mata bersih kembali.

Topik Terkait :

#MovieTalks - Terbang Menembus Langit

Jangan Lewatkan