logo Dream.co.idDream.co.id

Hindari 5 Kesalahan Makeup Agar Tidak Berantakan Saat Panas

Seringkali kita merasa riasan sudah maksimal, tapi saat keluar rumah ternyata hasilnya sangat berantakan.

Hindari 5 Kesalahan Makeup Agar Tidak Berantakan Saat Panas
Ratih Wulan
| 18 Mei 2018 15:22

Dream - Pernahkah kamu histeris melihat riasan berantakan sesaat setelah keluar dari rumah? Cuaca panas sangat memungkin hal itu terjadi.

Minyak dan keringat membuat riasan mata dan bedak mencair, hanya dalam beberapa menit saja. Hasilnya, wajah jadi berantakan karena makeup luntur di berbagai titik wajah.

Jika kamu sering merasakan hal itu, mungkin ada beberapa kesalahan yang sebenarnya telah dilakukan. Dilansir dari Times of India, berikut sederet daftar kesalahan yang harus kamu hindari.

Cahaya

 Shutterstock

Tak banyak yang menyadari pencahayaan sangat penting dalam proses merias wajah. Banyak dari kita yang melakukan makeup di bawah pencahayaan redup. hal itu hanya akan membuat kita terkejut saat melihat hasilnya di luar ruangan.

Sumber pencahayaan yang paling akurat adalah cahaya alami, karena dapat memberikan gambaran paling dekat dengan aslinya. Lampu kuning dan putih cenderung mengubah warna kulit.

Alat yang salah

 Shutterstock

Kalian memang tidak perlu membeli semua alat-alat yang dijual merek kecantikan. Namun, ada sejumlah alasan mengapa alat kecantikan seperti kuas khusus perona pipi, mata, dan bibir wajib dimiliki. Pemakaian alat yang tidak pada tempatnya hanya akan membuat hasil riasan tidak memuaskan.

Tidak memilih warna dan formula yang tepat

 Shutterstock

Ada sebagian orang yang memakai produk kecantikan dari semua warna dan tekstur. Tapi, pada akhirnya hanya berujung pada ketidakcocokan. Kalian harus mempertimbangkan jenis dan warna kulit, sambil memilih produk yang terbaik untuk wajah masing-masing.

Hindari menggunakan produk mengilap pada kulit kering. Sedangkan pemilik kulit gelap, disarankan untuk menghindari lipstik nude.

Memakai riasan dengan alasan salah

 Shutterstock

Banyak perempuan memilih makeup sebagai cara instan menutupi segudang permasalahan wajah. Seperti misalnya, nekat menggunakan riasan demi menutupi jerawat. Hasilnya, kulit akan semakin memburuk.

Sebaiknya kunjungi dokter kulit, rawat masalah kulit hingga tuntas. Baru setelahnya, kenakan makeup appaun yang kamu inginkan.

Jarang mengganti produk makeup

 Shutterstock

Sangat penting untuk mengganti produk riasan seiring dengan perubahan cuaca. Tidak semua formulasi dapat menahan panas, dan bekerja bersamaan menahan udara dingin. Jika kamu tidak ingin membuat makeup mencair di tengah hari, pastikan menyesuaikan kandungan makeup untuk cuaca panas.

Pastikan pula, bahwa produk riasan yang kamu kenakan tidak kedaluawarsa. Produk yang telah berusia lama menyebabkan riasan lebih mudah berantakan.

Topik Terkait :

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam

Jangan Lewatkan