logo Dream.co.idDream.co.id

Cobain Yuk! Buat Maskara Sendiri untuk Pemilik Mata Sensitif

Bagi yang sering alergi saat menggunakan maskara, bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang lebih aman.

Cobain Yuk! Buat Maskara Sendiri untuk Pemilik Mata Sensitif
Cynthia Amanda Male
| 21 Mei 2018 10:22

Dream - Siapa bilang bahan alami hanya bisa digunakan untuk perawatan kulit? Makeup pun bisa dibuat dari bahan alami. Salah satunya maskara.

Penggunaan maskara dengan bahan alami bisa menghindari infeksi maupun iritasi akibat kandungan pengawet, paraben maupun bahan berbahaya lainnya.

Dengan bahan alami, kamu bisa membuat maskara hitam maupun coklat. Ingin mencobanya, berikut cara pembuatannya.

Maskara Hitam

 Shutterstock

Campurkan bubuk mineral berwarna hitam, bentonite clay, aloe vera gel dan essential oil beraroma lavender. Aduk menggunakan spatula hingga tercampur dengan sempurna.

Tambahkan aloe vera gel jika ingin tekstur yang lebih halus. Salin maskara ke dalam botol maskara atau lip gloss yang sudah kosong dan dicuci bersih.

Aplikasikan maskara pada bulu mata menggunakan spoolie. Bahan-bahan seperti bentonite clay, aloe vera gel dan essential oil bisa mencegah maskara menjadi kering, membantu pertumbuhan bulu mata, membuat bulu mata terlihat lebih hitam dan lentik.

Maskara Coklat

 Shutterstock

Panaskan minyak kelapa, aloe vera gel dan parutan beeswax. Aduk sampai benar-benar mengental.

Tambahkan 1/4 sendok makan coklat bubuk dan aduk hingga meleleh. Lalu, tuangkan minyak ke dalam campuran.

Tunggu hingga bahan-bahan tercampur sempurna, dan dinginkan. Salin campuran ke dalam wadah maskara dan aplikasikan menggunakan spoolie.

Campuran bahan tersebut bisa membuat bulu mata lebih lebat dan membuat bulu mata lentik lebih lama.

Cara Pengaplikasian Maskara

 Shutterstock

Agar warna maskara lebih merata, aplikasikan dari akar bulu mata hingga ke ujung. Tambahkan sedikit maskara di bagian tengah bulu mata hingga ke ujung agar lebih tegas.

Untuk tekstur lebih tebal dan panjang, aplikasikan maskara dua kali. Sebelum memakai lapisan kedua, sapukan sedikit translucent powder untuk membuat bulu mata lebin panjang dan menambah volume. Tanpa memberi kesan lengket karena maskara.

Jika kelopak mata sering terpapar noda maskara, gunakan sendok sebagai pelindung kelopak. Jangan lupa mengganti maskara baru, saat maskara berbahan alami sudah mengeluarkan bau kurang sedap. Maskara berbahan alami hanya awet selama sekitar 6 bulan jika disimpan dengan baik.

(Sumber: Boldsky)

Topik Terkait :

Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York

Jangan Lewatkan