Bingung Memilih Aroma Parfum yang Pas? Coba 5 Trik Simpel Ini!

Terlalu banyak mencium aroma parfum malah akan membuatmu semakin pusing.

Ratih Wulan
| 12 Januari 2018 09:31

Dream - Beberapa wanita tak bisa lepas dari pemakaian parfum, sebagai pelengkap kecantikan. Pada dasarnya, tidak orang yang ingin tampil bau tak sedap ketika berhubungan dengan orang lain.

Salah satu solusinya dengan mengenakan parfum. Banyak perusahaan parfum yang menawarkan aneka ragam aroma di luar sana. Terlalu banyak varian terkadang membuat kamu jadi pusing sendiri.

Namun, sebenarnya ada cara jitu untuk dapat menemukan aroma yang tepat, seperti dilansir dari laman Cheat Sheet berikut ini.

1. Ingat-ingat aroma kesukaanmu

 Shutterstock

Seseorang pasti sudah memiliki aroma kesukaannya masing-masing. Sebelum pergi membeli parfum, ada baiknya untuk menulis deretan aroma yang sudah kamu sukai. Hal ini dilakukan untuk mencegah terpilihnya parfum dengan aroma serupa. Kamu juga tidak akan meleset jauh dari perkiraan apabila sudah mengetahui aroma apa yang akan dipilih.

2.Pertimbangkan hobimu

 Shutterstock

Aroma parfum bisa disesuaikan dengan hobi kesayanganmu. Contohnya bagi orang dengan hobi memasak akan lebih meyukai aroma rempah-rempah seperti kayu manis dan vanilla.

3. Temperatur
Suhu ruangan akan sangat mempengaruhi kualitas parfum. Semakin hangat suhu, maka parfum akan menguap sehingga aromanya lebih terasa kencang. Itulah mengapa kamu harus melakukan uji coba parfum pada pergelangan tangan agar suhu panas tubuh bisa memperlihatkan aroma asli dari parfum.

4. Perhatikan urutannya
Parfum biasanya terdiri dari kombinasi beberapa bahan untuk menghasilkan kesatuan aroma. Urutan bahan baku ini disebut dengan notes. Pada umumnya, parfum memiliki 3 notes sebagai berikut.

Base Notes: Merupakan fondasi utama parfum, yang terkuat diantara aroma lainnya. Pastikan kamu memilih aroma yang paling diinginkan, karena notes yang satu ini akan bertahan paling lama dibanding notes lainnya.

Middle Notes: Biasanya terdiri dari aroma bunga dan rempah-rempah, akan hilang tergantikan oleh base notes.

Top Notes: Lapisan paling atas, dapat menguap dengan sangat cepat. Biasanya terdiri dari aroma yang menyegarkan seperti buah-buahan. Pastikan kamu memilihnya dengan baik, karena lapisan ini dapat memberi kesan pertama dari sebuah parfum.

5. Kemasan
Parfum biasanya dilengkapi dengan kemasan cantik. Pastikan untuk memilih kemasan bebahan tebal, karena kemasan jenis ini bisa mencegah masuknya panas yang dapat merubah kualitas parfum.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

The Sisters Eps. 4 - The City

Jangan Lewatkan