logo Dream.co.idDream.co.id

'Beauty Routine' SebelumTidur Penangkal Cuaca Panas

Meskipun sudah malam, ternyata paparan sinar matahari masih mengancam kesehatan kulit wajah.

'Beauty Routine' SebelumTidur Penangkal Cuaca Panas
Cynthia Amanda Male
| 3 April 2018 17:22

Dream - Musim panas membawa perubahan pada kondisi wajah. Cuaca yang lebih gerah biasanya akan membuat kulit menjadi terkelupas dan lebih kering dari biasanya.

Sedangkan paparan sinar matahari dalam waktu lama bisa mengancam kesehatan kulit. Mulai dari penuan dini, bintik hitam hingga terkena kanker kulit.

Wajib mengenakan krim tabir surya sebelum beraktivitas di luar rumah. Pilih krim berkandungan SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya matahari.

Tak hanya siang hari, karena ternyata radiasi matahari masih mengancam kesehatan kulit hingga malam hari. Dilansir dari Boldsky, berikut sederet perawatan wajah malam hari untuk meminimalisir masalah kulit akibat panas.

Double Cleansing

 Shutterstock

Dua tahap pembersihan wajah sangat penting, walaupun tidak sedang terkena matahari atau hanya memakai sedikit makeup. Debu, kuman maupun bakteri sangat mudah menempel di wajah. Apalagi di Negara tropis dan berkelembaban tinggi.

Pilih pembersih muka yang cocok dengan kulit atau gunakan bahan alami seperti madu. Balurkan ke wajah dan diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan handuk hangat. Selanjutnya, cuci wajah dengan facewash atau cleanser agar kulit lebih bersih.

Yoghurt

 Shutterstock

Selain menggunakan madu, yoghurt bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Kandungan protein dan asam laktat, bisa mengecilkan pori-pori, mengurangi garis kerutan, melembabkan serta menghilangkan sel kulit mati. Yoghurt sebaiknya diaplikasikan setelah membersihkan makeup setiap hari.

Eksfoliasi

 Shutterstock

Eksfoliasi dengan scrubbing dua kali per minggu, merupakan kunci kulit segar dan kencang. Hal ini berfungsi membersihkan sel kulit mati. Terutama di daerah pipi dan hidung. Proses scrubbing tidak boleh dilakukan berlebihan agar kulit tetap lembab.

Lebih aman, scrubbing pun bisa dilakukan dengan bahan alami. Campurkan 3 sendok minyak kelapa, 2 sendok makan madu dan 3 sendok makan gula.

Jika terlalu kering, tambahkan gula. Jika sebaliknya, tambahkan sedikit coconut oil. Aplikasikan ke wajah lalu bilas dengan air. Campuran ini bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan wajah.

Gunakan Toner

 Shutterstock

Untuk menyeimbangkan pH wajah, wajib kenakan toner pada wajah dan leher. Lidah buaya dapat menjadi jalan keluar instan. Hanya dengan mengambil getahnya sebanyak dua sendok makan dan dicampur dengan secangkir air dingin, sudah bisa melembabkan dan menenangkan kulit.

Pakai Pelembab

 Shutterstock

Melembabkan wajah merupakan hal yang wajib dilakukan pada semua jenis kulit. Pelembab dapat menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Tidur Telentang

 Shutterstock

Tidur telungkup atau membiarkan wajah beralaskan bantal dapat mempermudah timbulnya kerutan. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan untuk tidur telentang. Selain mencegah kerutan, gaya tidur ini pun bisa mencegah timbulnya jerawat.

Topik Terkait :

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak

Jangan Lewatkan