Area T-Zone Berminyak? Coba Kontrol dengan 5 Cara Alami

Mudah banget, karena bahan-bahannya bisa didapatkan di dapur.

Cynthia Amanda Male
| 8 Juli 2018 16:00

Dream - Di musim panas, kulit akan lebih banyak mengeluarkan minyak. Belum lagi, debu dan polusi bisa menyebabkan jerawat pada wajah.

T-zone lebih rentan, karena memiliki kelenjar sebasea paling banyak. Kelenjar ini dipengaruhi oleh hormon, gangguan pencernaan, kondisi lingkungan, polusi dan lain-lain.

Untuk membuat T-zone aman dari pengaruh tersebut, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan.

 Shutterstock

1. Menjaga pori-pori tetap bersih. Gunakan pembersih muka yang memiliki pH seimbang dan khusus untuk kulit berminyak. Jika kondisi kulit berubah menjadi berminyak saat musim panas, ganti pembersih hanya pada saat kulit terasa cukup berminyak.

Kamu bisa mencampur pasta cendana dan tepung dengan takaran yang sama, yang dimasukkan ke dalam air untuk membuat pembersih muka alami.

 Shutterstock

2. Bersihkan wajah 3-4 kali tiap hari, terutama saat bangun tidur. Karena saat tidur, kulit terus memproduksi minyak berlebih. Apalagi di daerah T-zone. Dengan membersihkan 3-4 kali tidak cukup mengontrol minyak, tingkatkan hingga 6-8 kali per hari.

 Shutterstock

3. Gunakan penyegar seperti air mawar yang mudah digunakan dimana pun. Atau campurkan 4 tetes cairan mint atau peppermint oil ke dalam 1/3 cangkir air, dan gunakan sebagai toner untuk mengontrol minyak.

Tidak hanya itu, kamu bisa masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas dan gunakan kapas untuk mengaplikasikannya. Air dingin mampu mengontrol minyak dengan baik.

 Shutterstock

4. Gunakan toner yang terbuat dari jus sayur atau buah asli, seperti tomat maupun timun untuk membersihkan wajah. Semakin sering menggunakan pembersih wajah, kelembaban alami kulit akan menghilang. Padahal, sangat dibutuhkan untuk melindungi lapisan terluar kulit.

 Shutterstock

5. Lemon bisa mengontrol minyak. Gunakan beberapa tetes buah yang mengandung asam sitrat seperti lemon, jeruk maupun jeruk nipis setelah memakai toner. Aplikasikan dengan kapas dan hapus setelah 1-2 menit di dahi, hidung dan dagu.

(Sumber: Stylecraze)

Topik Terkait :

Sereal Kylie Jenner - Hailey & Justin Menikah Dikonfirmasi Benar

Jangan Lewatkan