Alasan Pentingnya Memakai Tabir Surya Setiap Hari

Bukan hanya sebagai sumber kehidupan, namun matahari juga merupakan salah satu faktor penyebab kulit terbakar.

Irma Suryani
| 12 September 2017 10:49

Dream - Memiliki aktivitas yang padat membuat banyak wanita di kota besar sering melupakan nutrisi yang baik untuk wajah.

Salah satu jenis perawatan yang berfungsi melindungi wajah dari paparan sinar matahari adalah tabir surya. Bukan hanya sebagai sumber kehidupan, namun matahari juga merupakan salah satu faktor penyebab kulit terbakar.

Menurut pakar dermatologi dr. Sari Chairunnisa, SpKK, matahari menyalurkan dua jenis sinar ultraviolet, yakni UV A dan UV B. Keduanya dapat menyebabkan kulit manusia terbakar apabila terpapar langsung.

" Sinar ultraviolet itu ada dua, UV A dan UV B. Pastikan untuk memakai tabir surya yang melindungi dari keduanya. Untuk itu, kandungan SPF dan PA juga harus dipertimbangkan," papar dr. Sari di Senayan, 11 September 2017.

SPF (Sun Protection Factor) biasanya terdiri dari beragam tingkatan, mulai dari SPF 5, 15, 30, hingga diatas 30. Menurutnya, standar ideal SPF untuk orang Asia yang berada di daerah tropis adalah 30. Lebih dari itu, tidak akan terasa manfaat yang lebih besar.

Bila menggunakan SPF 30 kulit wajah akan terlindungi 30x lebih lama dibanding dengan tidak memakai tabir surya. Setidaknya, dengan memakai tabir surya dengan kandungan SPF 30 akan mencegah kulit terbakar sinar ultraviolet selama 2,5 hingga 5 jam. Sedangkan PA (Protection Grade of UV A) akan mengoptimalkan perlindungan kulit dari paparan sinar UV A.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Intip Kehidupan Laudya Cynthia Bella Usai Dinikahi Emran

Jangan Lewatkan