logo Dream.co.idDream.co.id

8 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Menstruasi

Tanpa disadari, kadang-kadang makanan dapat memicu nyeri haid makin parah.

8 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Menstruasi
Ratih Wulan
| 30 Januari 2018 14:02

Dream - Ada musuh besar yang mengintai setiap wanita setiap bulan, yakni menstruasi. Keram perut, letih dan sakit kepala hampir selalu menjadi masalah ketika sedang datang bulan.

Tapi tahukah kamu, bahwa makanan bisa mempengaruhi rasa sakit di kala menstruasi?

Saat menstruasi, tubuh perlu mengganti darah yang keluar sehingga memerlukan nutrisi ekstra. Mengonsumsi makanan tidak bergizi hanya akan memperparah rasa sakit akibat kekurangan darah.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini merupakan 8 makanan yang pantang untuk dimakan ketika sedang menstruasi.

1. Makanan Olahan

 Boldsky

Jenis makanan ini bisa membuat perut menjadi kembung dan begah. Untuk itu, hindari makanan olahan terutama yang mengandung banyak minyak dan gula.

2. Daging Merah

 Boldsky

Daging merah kaya akan lemak jenuh. Zat ini sebaiknya dihindari karena bisa memicu keram perut, kembung dan munculnya jerawat. Kamu bisa mengonsumsi daging ayam tanpa kulit atau ikan sebagai penggantinya.

3. Produk Susu

 Boldsky

Produk susu sebaiknya dihindari ketika sedang menstruasi. Susu mengandung arachidonic acid yang dapat memicu keram perut. Sebagai pengganti, kamu bisa mengonsumsi buttermilk.

4. Kafein

 Boldsky

Minuman dengan kafein tinggi seperti kopi sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang datang bulan. Zat tersebut bisa meningkatkan tekanan darah, dehidrasi serta menyebabkan gelisah dan kurang tidur. Sebagai alternatif, konsumsilah teh herbal.

5. Makanan Berlemak

 Boldsky

Makanan berlemak seperti burger, kentang goreng dan lainnya dapat meningkatkan hormon yang memicu keram perut dan kembung. Selain itu, tubuh juga bisa menjadi lebih dehidrasi.

6. Makanan Asin

 Boldsky

Makanan dengan kandungan garam berlebih harus dihindari ketika sedang menstruasi. Mereka menyebabkan hormon yang memicu dehidrasi, kembung dan keram perut.

7. Makanan Manis

 Boldsky

Sebaliknya, terlalu banyak gula dapat menyebabkan peredaran darah menjadi tidak stabil. Kamu bisa lebih mudah mengalami mood swings dan tegang ketika terlalu banyak mengonsumsi gula.

8. Makanan Pedas

 Boldsky

Makanan pedas dapat memicu panas dalam, memperlambat fase menstruasi dan memicu jerawat. Selain itu, usus dan bagian pencernaan lainnya juga dapat terganggu sehingga menyebabkan rasa sakit yang semakin hebat.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Jangan Lewatkan