logo Dream.co.idDream.co.id

8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Percepat Munculnya Keriput

Cek jangan-jangan kalian sering lakukan kebiasaan itu.

8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Percepat Munculnya Keriput
Cynthia Amanda Male
| 14 Juli 2018 16:00

Dream - Keriput adalah bagian dari proses penuaan alami. Keriput biasanya mulai muncul pada wanita di usia 30-an. Hal ini disebabkan oleh kerusakan kolagen dan elastin di kulit.

Keriput bisa muncul pada usia yang lebih muda. Gaya hidup tidak sehat yang seperti merokok, minum alkohol atau faktor lingkungan dapat mengakibatkan munculnya keriput secara dini.

Selain faktor-faktor tersebut, kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan kulit juga bisa menyebabkan penuaan dini.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut 8 kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan kulit yang harus dihindari agar tidak mengalami penuaan dini.

1. Tidak Memakai Krim Tabir Surya

Krim tabir surya melindungi kulit dari sinar UV matahari yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kanker. Paparan sinar matahari yang jahat ini dapat menyebabkan kolagen dan elastin pada kulit rusak sehingga mempercepat proses penuaan dini.

2. Tidak Membersihkan MakeUp Sebelum Tidur

Bahan-bahan makeup terbuat dari bahan kimia keras, dan tidur sambil memakai makeup bisa menyebabkan penuaan dini dan kerusakan pada kulit jangka panjang. Itu sebabnya, sangat penting untuk menghapus makeup sebelum tidur.

Disarankan untuk menggunakan produk khusus untuk menghapus makeup agar seluruh riasan bisa terangkat.

3. Kelembapan Kulit Berkurang

Kelembapan yang hilang di kulit dapat menyebabkan kulit kering dan keriput. Untuk menghindari kerutan dini pada kulit, kamu harus memastikan bahwa kulit tetap lembap sepanjang waktu. Pakailah pelembap yang khusus diformulasikan bagi kulit kamu.

4. Tidak Melakukan atau Terlalu Sering Melakukan Pengelupasan

Pengelupasan kulit bisa membuat perbedaan pada penampilan. Pengelupasan kulit dapat menghilangkan kotoran, sel kulit mati dan racun dari pori-pori.

Proses ini membuat kulit bersinar dan awet muda. Namun pengelupasan kulit memiliki dua sisi. Terlalu sering akan menghilangkan minyak alami kulit dan menimbulkan keriput. Tapi, jarang melakukan pengelupasan kulit bisa menyebabkan jerawat dan mempercepat proses penuaan.

 Muncul kerutan di wajah

5. Menggosok atau Meregangkan Kulit

Saat mengaplikasikan makeup, sebagian besar wanita akan meregangkan kulit wajah mereka. Di sisi lain, saat menghapus makeup, mereka akan menggosok kulit wajah secara agresif.

Kedua kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada tekstur kulit dan melemahkan pelindung kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya keriput secara dini.

6. Menggunakan Cleanser yang Bersifat Keras

Mayoritas pembersih wajah (cleanser) saat ini mengandung bahan kimia keras. Produk ini memang bisa membuat kulit terlihat bersih.

Tetapi juga mampu menghilangkan kelembapan kulit dan melemahkan pelindung kulit. Akibatnya, kulit menua lebih cepat dan tanda-tanda penuaan seperti keriput mulai muncul di wajah.

7. Memijat Jerawat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa memijat jerawat sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan jaringan parut dan kerusakan pada kulit.

Namun, tahukah kamu bahwa memijat jerawat juga bisa menimbulkan kerutan? Jerawat yang muncul dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan memberikan efek buruk pada kesehatan kulit secara keseluruhan, sehingga menyebabkan kerutan dini pada kulit.

8. Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mandi air hangat memang terasa nyaman. Namun, tahukah kamu bahwa mandi air panas dapat mendatangkan malapetaka bagi kesehatan dan penampilan kulit?

Mandi air panas terlalu lama dapat menyebabkan hilangnya kelembapan kulit, membuatnya terasa kering dan mengalami dehidrasi. Jika mandi air panas ini dilakukan secara rutin, maka dapat mempercepat proses pemecahan kolagen di kulit kamu dan menyebabkan keriput.

Mari Kenali Istilah-Istilah Terkait Vaksinasi

Jangan Lewatkan