>
logo Dream.co.idDream.co.id

7 Kesalahan Mencuci Wajah yang Rutin Dilakukan Setiap Hari

Tanpa disadari, cara kita mencuci wajah malah memicu wajah kering.

7 Kesalahan Mencuci Wajah yang Rutin Dilakukan Setiap Hari
Ratih Wulan
| 28 Februari 2018 11:02

Dream - Mencuci wajah menjadi rutinitas harian untuk setiap orang. Hal ii bertujuan agar pori-pori tidak akan tersumbat dan memicu masalah lain. Tapi, apa kamu sudah benar melakukannya?

Salah mencuci wajah bisa jadi fatal. Bukannya bersih, wajah justru terlihat kering dan berjerawat. Kesalahan di bawah ini biasanya tidak disadari, lho. Pastikan Sahabat Dream sudah benar melakukannya, ya!

Untuk menghindari kesalahan, sebaiknya ikuti beberapa langkah yang dianjurkan Boldsky di bawah ini.

 Shutterstock

1. Memakai Air Panas
Mencuci wajah dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi kering, karena kehilangan minyak alaminya. Untuk mencegahnya, kamu bisa gunakan air hangat yang masih suam-suam kuku.

2. Tangan yang Kotor
Terkadang, kita tidak mencuci tangan sebelum mencuci wajah. Padahal debu dan kotoran di sana bisa merusak kulit wajahmu. Akibatnya, wajah tidak dapat bersih secara optimal.

 Shutterstock

3. Terlalu Kasar
Mengusapkan sabun pencuci wajah seringkali dilakukan dengan cepat dan kasar. Bukan berarti kotoran akan lebih cepat terhapus, ya. Cara seperti itu, justru membuat kulit menjadi iritasi dan memicu garis halus.

4. Terlalu Sering
Idealnya, mencuci wajah dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Terlalu sering mencuci wajah bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik karena kehilangan minyak alaminya.

5. Memakai Merek yang Sama
Penggunaan merek yang sama selama berbulan-bulan bisa memberikan efek samping pada kulit. Untuk itu, cobalah berganti dengan merek lain dalam waktu 3 bulan.

 Shutterstock

6. Tidak Kering dengan Benar
Setelah mencuci wajah, kamu juga harus mengeringkannya dengan benar. Sebab, bisa jadi masih ada sisa zat kimia pada wajah.

7. Digosok
Jangan menggosok wajah ketika hendak mengeringkannya. Kulit akan terasa kasar dan dapat memicu iritasi. Cara terbaik adalah dengan menepuk-nepuk handuk bersih dengan lembut.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Wastafel ala Difabel - Berani Berubah

Jangan Lewatkan