logo Dream.co.idDream.co.id

6 Perawatan Tubuh Pantang Dilewatkan untuk Cegah Kulit Kering

Jangan salah memakai handuk setelah mandi, karena memicu kulit kering.

6 Perawatan Tubuh Pantang Dilewatkan untuk Cegah Kulit Kering
Ratih Wulan
| 10 April 2018 15:22

Dream - Masalah kulit kering tak bisa disepelekan begitu saja. Jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan wajah terasa perih hingga iritasi.

Faktor lingkungan dan polusi menjadi penyebab kulit tidak mampu mempertahankan kelembapanny atau meningkatkan produksi sebum.

Waspadai pula pemakaian obat-obatan berlebihan seperti herediter karena hanya akan memperparah kondisi kulit.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi dokter dermatologis, ada baiknya Sahabat Dream melakukan perwatan rumahan. Dilansir dari Stylecraze, berikut beberapa aturan merawat kulit kering untuk membantu mengembalikan kelembutan kulit.

1. Aturan waktu mandi

 Shutterstock

Pastikan untuk mandi setiap hari, dan usahakan jangan terlalu sering menggunakan air hangat. Suhu air panas dapat mengurangi produksi minyak alami sehingga dapat membuat kulit lebih cepat kering.

Selain itu, disarankan untuk mencuci wajah memakai sabun yang bersifat lembut karena mereka akan membantu mengurangi risiko kulit kering.

2. Perawatan setelah mandi

 Shutterstock

Setelah mandi, jangan menggosok tubuh dengan handuk sampai kering. Biarkan tubuh sedikit lembab untuk menjaga kulit lembut dan lentur, serta membantu mengurangi risiko iritasi kulit. Setelah itu, pakailah pelembab atau body lotion yang membantu kulit mempertahankan kelembabannya.

3. Resep kelembaban terbaik

 Shutterstock

Pastikan lotion yang kamu pakai mengandung bahan ramah kulit kering. Seperti dimethicone, yang merupakan silikon untuk menjaga kelembaban. Asam hyaluronic, minyak mineral, serta petroleum jelly semuanya diklaim sebagai bahan yang ramah terhadap kulit.

4. Anti aging

 Shutterstock

Produk Anti aging bisa juga digunakan untuk mengatasi kulit kering. Tapi pastikan jika produk tersebut bebas retinoid atau AHA, karena bahan-bahan ini dianggap sangat mengiritasi kulit kering.

5. Lindungi tangan dan kaki

 Shutterstock

Pada musm dingin, disarankan untuk mengenakan sarung tangan dan kaus kaki untuk melindungi tangan dan kaki dari kekeringan. Lakukan scrub yang dirancang khusus untuk kulit kering.

6. Jangan lupakan bibir

 Shutterstock

Bibir sangat rentan pecah-pecah, jadi gunakan scrub bibir untuk mengelupas dan menyehatkan bibir. Buat scrub bibir dari gula dan lemon yang memiliki segudang manfaat untuk bibir.

Selanjutnya, pakai lip balm yang bagus dan aplikasikan setiap beberapa jam. Serta pastikan anda melindungi bibir dari debu, polusi dan angin musim dingin yang berat.

(Laporan: Ferra Ferdiana)

Topik Terkait :

Warganet Ramai mendoakan Ariel Noah dan Dina Lorenza Berjodoh

Jangan Lewatkan