6 Manfaat Mengejutkan Daun Jambu untuk Kulit dan Rambut

Daun jambu dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit hingga rambut.

Ratih Wulan
| 13 Maret 2018 16:22

Dream - Selain enak, jambu biji juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tak hanya buahnya yang berwarna merah saja, karena ternyata daun jambu biji ajaib untuk merawat kecantikan.

Dilansir dari Boldsky, ramuan daun jambu biji telah dipakai wanita India sejak dulu kala untuk menjaga kecantikan. Di dalam daunnya terkandung sifat analgesik, anti-inflamasi, antimikroba dan antioksidan yang membantu merawat kulit dan rambut.

Ingin mencoba sendiri di rumah? Berikut beberapa tips yang perlu kamu ketahui!

Menghapus komedo

 Shutterstock

Daun jambu sangat bagus digunakan untuk menghilangkan komedo. Ambil beberapa helai daun biji, bersihkan dan rebus hingga beberapa saat. Campurkan rebusan daun jambu dengan sedikit air dan sedikit bubuk kunyit. Oleskan racikan itu pada wajah dan gosokan secara perlahan. Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Mengurangi jerawat dan bintik gelap

 Shutterstock

Anti bakteri di dalamnya membantu menghilangkan sel penyebab jerawat. Serta membantu mengurangi bintik hitam dan noda lainnya pada kulit. Ambil beberapa daun jambu biji dan tumbuk hingga halus, terapkan pada bagian wajah yang berjerawat dan bintik hitam.

Mengatasi keriput

 Shutterstock

Daun jambu biji juga membantu menghilangkan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Menangkal radikal bebas sehingga mencegah penuan dini. Rebus beberapa daun jambu biji untuk mengekstrak esensinya. Gunakan secara rutin, untuk mendapatkan kulit cerah dan memperbaikinya dari paparan sinar matahari.

Mencegah gatal

 Shutterstock

Daun jambu biji mengandung zat yang membantu kulit dari peradangan, yang menyebabkan gatal. Ini juga solusi untuk mengatasi kulit terbakar dan alergi kulit lainnya. Kandungan di dalam daun jambu biji bekerja membunuh bakteri penyebab alergi.

Mencegah kerontokan rambut

 Boldsky

Daun jambu biji yang kaya oksidan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Rebus beberapa daun jambu biji selama 20 menit. Setelah dingin, gunakan airnya untuk memijat kulit kepala. Setelah 10 menit, bilas dengan air biasa.

Memutihkan kulit

 Shutterstock

Kandungan antioksidan dan zat lain membantu mengeluakan sel kulit mati dan membunuuh bakteri, sehingga kulit lebih halus dan sehat. Jika digunakan secara rutin, maka hasilnya kulit akan terasa lebih cerah. Campurkan beberapa daun jambu biji dan sejumput kunyit, teteskan air mawar secukupnya. Gunakan sebagai masker selama 15 menit pada wajah dan leher.

Topik Terkait :

9 Racun Berbahaya yang Berasal Dari Dapur

Jangan Lewatkan