logo Dream.co.idDream.co.id

5 Tips Sederhana Mengatasi Kaki Pegal Setelah Berbelanja

Kaki pegal karena kebanyakan berjalan? Atasi dengan 5 langkah mudah ini!

5 Tips Sederhana Mengatasi Kaki Pegal Setelah Berbelanja
Ratih Wulan
| 20 November 2017 08:02

Dream - Liburan akhir pekan memang paling menyenangkan dihabiskan untuk hang out di mall. Cuci mata sekalian belanja, memang berhasil mengusir penat setelah sepekan bekerja.

Namun sayangnya, para wanita seringkali lupa waktu ketika berbelanja. Ketika sampai di rumah, kaki baru terasa letih dan pegal. Berikut ini beberapa cara dari Travelfashiongirl, untuk memberikan relaksasi pada kaki yang pegal setelah diajak berbelanja seharian.

1. Peregangan

 Travelfashiongirl

Beberapa sepatu seperti flatshoes dan heels tidak dirancang untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Bagian ligamen dan tendon pada pergelangan kaki menjadi kaku karena terlalu lama memakai sepatu tersebut. Lakukan peregangan selama dua menit. Mulailah dari ujung jari kaki. Tarik kelima jari ke arah yang berlawanan. Setelah itu, berdiri dan berjinjit sambil meregangkan tangan keatas.

2. Air Rendaman

 Travelfashiongirl

Merendam kaki yang letih akan terasa sangat menyenangkan. Rebus air hangat dan tuang ke dalam ember berukuran sedang. Campurkan beberapa tetes essential oil dengan aromaterapi untuk memberikan efek relaksasi. Aroma seperti lavender, sandalwood dan tea tree oil dapat membuat sarafmu lebih rileks dan mencegah timbulnya jamur kaki. Campuran minyak peppermint juga dapat membangkitkan rasa segar. Susu yang creamy dapat memberi efek rejuvenasi dan melembutkan kulit kaki.

3. Moisturizer

 Shutterstock

Setelah berendam, keringkan kaki dengan handuk terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan lotion atau body butter. Kamu juga dapat menggunakan produk foot balm untuk mengembalikan nutrisi pada kulit. Pilih produk dengan kandungan cocoa butter, beeswax atau argan oil.

4. Massage

 Travelfashiongirl

Ini merupakan kunci utama dalam upaya menghilangkan rasa pegal. Kamu dapat meminta bantuan orang lain untuk memijat kaki. Praktisi seperti food therapist memiliki teknik tertentu untuk meredakan rasa pegal. Kamu juga bisa melakukan pijatan sendiri dengan cara lembut pada kaki. Pastikan kamu berada dalam posisi duduk yang rileks ketika memijat kaki.

5. Perpaduan Air Hangat dan Dingin

 Shutterstock

Ambil dua ember berukuran sedang. Isi salah satu ember dengan air hangat dan air dingin pada ember satunya. Celupkan kaki ke dalam salah satu ember selama dua menit, lalu berganti ke dalam ember berikutnya. Cara ini dapat meregangkan pembuluh darah sehingga memungkinkan aliran darah mengalir lebih lancar.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

 

Topik Terkait :

Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan