logo Dream.co.idDream.co.id

5 Perawatan Mencegah Wajah Kusam Saat Musim Panas

Awalnya wajah kusam, namun lama-kelamaan penumpukan kotoran akan memicu jerawat.

5 Perawatan Mencegah Wajah Kusam Saat Musim Panas
Cynthia Amanda Male
| 4 Juli 2018 13:22

Dream - Perubahan cuaca membawa sejumlah dampak pada perubahan kulit. Terutama pada saat peralihan musim hujan ke cuaca yang lebih panas, bisa membuat wajah jadi kusam.

Kondisi demikian bisa menjadi semakin parah, jika terus berada di lingkungan yang tercemar polusi. Hingga pada akhirnya memicu pertumbuhan jerawat.

Jika hanya mengandalkan pembersih seperti biasa, wajah tidak akan cukup terlindungi dari paparan sinar maupun polusi. Diperlukan beberapa perawatan kulit tambahan agar wajah tetap sehat dan terhindar dari kerusakan kulit jangka panjang.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara yang bisa diikuti untuk melindungi wajah ketika musim panas.

 Shutterstock

1. Ketika akan beraktivitas di pagi maupun siang hari, pakailah tabir surya yang mengandung SPF 20, setiap 3 jam sekali. Hal ini bermanfaat melindungi wajah dari pengaruh sinar ultraviolet.

Tabir surya juga membuat lapisan pelindung dalam kulit untuk melawan debu dan polusi.

 Shutterstock

2. Bersihkan muka dengan pembersih yang cocok minimal tiga kali sehari. Berguna mengangkat debu atau kotoran agar tidak mengisi pori-pori dan menyebabkan jerawat maupun komedo.

 Shutterstock

3. Jaga kelembaban kulit dengan minum 2-3 liter air mineral, air kelapa atau jus lemon tanpa gula setiap hari.

Kandungan vitamin C pada lemon juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan mineral pada air kelapa bisa membuat kulit glowing. Selain itu, hindari makanan berminyak dan terlalu berat.

 Shutterstock

4. Gunakan masker alami dari campuran tepung, gula, yogurt dan irisan kulit jeruk. Diamkan selama 10 menit dan tambahkan air agar sedikit basah. Lalu, pijat-pijat wajah dengan gerakan memutar untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati.

 Shutterstock

5. Jangan lupa melakukan perawatan kulit yang harus dijalani setiap hari, seperti memakai pembersih, toner dan pelembab. Pastikan kamu memakai pelembab setiap hari.

Jika kulitmu berminyak atau kombinasi, pakai pelembab di area wajah yang kering. Seseorang dengan kondisi wajah tersebut sangat memerlukan toner.

Selamat mencoba!

Topik Terkait :

Polisi Menahan Dua Orang Notaris Mafia Tanah keluarga artis Nirina Zubir

Jangan Lewatkan