logo Dream.co.idDream.co.id

5 Bahaya Serius Malas Bersihkan Riasan Sebelum Tidur

Wajah yang dibiarkan kotor berisiko akan membuat masalah serius pada wajah.

5 Bahaya Serius Malas Bersihkan Riasan Sebelum Tidur
Ratih Wulan
| 1 Maret 2018 08:02

Dream - Tubuh lelah sepulang kerja atau kuliah, membuat kita malas bergerak. Sesampainya di rumah, mata tentu teras berat dan ingin segera berbaring di atas kasur.

Wajah yang masih penuh riasan makeup, seringkali diabaikan tanpa diberishkan terlebih dulu. Tapi tahukah kamu, kalau hal ini dijadikan sebagai kebiasaan justru akan memberi dampak buruk bagi kulit?

Pasalnya, makeup mengandung banyak zat kimia. Kulit yang terpapar dengan zat kimia semalam suntuk akan mendapatkan banyak masalah. Dilansir dari Times of India, berikut 5 bahaya jika sering tidur tanpa membersihkan riasan terlebih dulu.

 Shutterstock

1. Infeksi Mata
Mata merupakan bagian tubuh yang paling sensitif. Riasan eyeshadow, eyeliner serta maskara bisa membuat mata iritasi apabila dibiarkan terlalu lama. Partikel dari makeup mampu menyerap ke mata sehingga memicu timbulnya infeksi.

2. Komedo
Kulit wajah terdiri dari pori-pori yang terbuka. Produk makeup dirancang khusus untuk menutupi pori-pori agar wajah terlihat flawless. Tapi jika dibiarkan terlalu lama, akibatnya akan jadi komedo.

 Shutterstock

3. Jerawat
Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa makeup yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan jerawat. Ini terjadi akibat infeksi dari kotoran yang menyumbat pori-pori.

4. Bibir Kering
Sudah banyak lipstick yang dibekali dengan formula tahan lama. Belum lagi dengan jenis matte yang bisa membuat bibir jadi kering. Jika dibiarkan semalaman, bibir akan kehilangan kelembapan alaminya.

 Shutterstock

5. Penuaan Dini

Penuaan memang tidak dapat dihindari. Tapi kamu dapat membuatnya jadi lebih prematur dengan makeup yang tidak dibersihkan. Sebab, radikal bebas yang terdapat dalam makeup dapat memicu datangnya penuaan seperti kulit kering, garis halus hingga bintik hitam.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan