5 Bahan Alami Ini Ampuh Redakan Kaki Lecet Akibat Sepatu

Kaki lecet karena pakai sepatu baru? Segera atasi dengan bahan-bahan alami yang mudah di temukan di sekitar rumah.

Ratih Wulan
| 10 Oktober 2018 08:10

Dream - Tak dapat dipungkiri jika sepatu dapat menunjang penampilan. Beberapa orang, bahkan menjadikan sepatu sebagai fashion statement untuk tampil lebih percaya diri.

Tak sedikit yang memilih high heels untuk tampil lebih stunning. Pilihan seperti stiletto, kitten shoes, hingga slip on menjadi alas kaki yang siap menyempurnakan penampilan mereka.

Namun sayangnya, di balik kesempurnaan tersebut ada kaki yang siap-siap menahan sakit. Setelah seharian dikenakan, kaki terkadang menjadi lecet hingga bengkak. Apalagi jika mengenakan sepatu baru berbahan keras.

Agar lecet tidak bertambah parah, ada pengobatan alami yang diklaim lebih aman. Dilansir dari Stylecraze, ada beberapa bahan rumahan yang bisa meredakan kaki sakit akibat sepatu.

1. Es Batu
Obat rumahan yang paling mudah didapat untuk meredakan kaki bengkak adalah es batu. Bungkus es batu dengan kain bersih, lalu gunakan untuk mengompres bagian yang sakit. Selain meredakan nyeri, es batu juga dapat mengempeskan bagian kaki bengkak.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

2. Lidah buaya
Gel lidah buaya dikenal memiliki sifat penyembuhan, yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka. Oleskan gel lidah buaya pada bagian yang lecet. Setelah sembuh, gel lidah buaya juga akan membantu menghilangkan bekas lukanya.

3. Aspirin
Selain mengatasi sakit kepala, ternyata aspirin juga dapat digunakan untuk mengobati kaki melepuh akibat sepatu.
Sifat anti-radangnya, dapat membantu mengatasi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan sepatu dalam sekejap.

4. Pasta gigi
Senyawa menthol, hidrogen peroksida dan baking soda di dalam pasta gigi dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri akibat sepatu. Oleskan pasta gigi putih pada bagian yang melepuh, dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu baru bersihkan dengan air bersih.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

5. Madu
Madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk luka akibat sepatu. Oleskan madu mentah di area yang terluka untuk mencegahnya bertambah parah.

(Laporan: Erisa Riyana)

Topik Terkait :

11 Youtuber Indonesia yang Punya Subscriber Terbanyak 2018

Jangan Lewatkan