logo Dream.co.idDream.co.id

5 Alasan yang Membuat Kamu Ogah Memencet Jerawat

Selain bekas jerawat dan koreng, kebiasaan buruk ini juga bisa sebabkan penyakit mengerikan.

5 Alasan yang Membuat Kamu Ogah Memencet Jerawat
Cynthia Amanda Male
| 17 Juli 2018 09:47
Dream - Tumbuhnya jerawat kerap menjadi mala petaka bagi setiap orang. Apalagi, jika datang tiba-tiba di saat harus menghadiri sebuah acara spesial.
 
Di saat seperti itu, sebagian orang akan memencet jerawat, dengan harapan bahwa kontur wajah akan lebih merata dan noda lebih mudah ditutupi. Padahal, memencet jerawat justru memperparah kondisi kulit.
 
Dilansir dari Boldsky.com, berikut 5 alasan utama mengapa kamu harus menghindari kebiasaan memencet jerawat:
 
1. Memburuk Peradangan Jerawat
 
Jerawat disebabkan oleh minyak dan kotoran yang tersumbat. Pori-pori yang membesar akibat minyak berlebih, bakteri, sel kulit mati maupun nanah, bisa memicu peradangan kulit.
 
Ketika berjerawat, pori-pori sudah mengalami infeksi serta diisi oleh berbagai macam kandungan minyak, kotoran maupun kandungan berbahaya lainnya.
 
Jadi, ketika kita memencet jerawat, semua kandungan tersebut akan terdorong ke luar dari pori ke folikel. Lalu, folikel akan hancur dan akhirnya mengeluarkan kandungannya ke area dermis (bagian dalam kulit).
 
Walaupun kotoran dari dalam kulit sudah dikeluarkan, tapi bakteri bisa masuk dari dermis. Bahkan ketika pori-pori tidak mengandung nanah.
 
2. Menyebabkan Koreng
 
Saat memencet jerawat, nanah yang ada di dalam kulit bisa menjadi koreng yang sulit ditutupi dengan concealer sekalipun. Koreng bisa terasa sangat gatal dan ingin digaruk.
 
Memencet jerawat akan membuat kulit menjadi kemerahan dan bengkak. Hindari hal tersebut agar jerawat tidak terasa sakit dan menjadi kista.
 

 Hindari kebiasaan memencet jerawat

 
3. Menyebabkan Infeksi
 
Ketika memencet jerawat, kamu mendorong bakteri untuk masuk lebih dalam pada kulit. Saat jerawat dan pori-pori terbuka, kamu memberikan kesempatan pada polusi untuk memperburuk keadaan kulitmu.
 
Kebiasaan memencet jerawat bisa membuat infeksi menyebar dan memperburuk kondisi kulit. Jadi, sebaiknya hindari memencet maupun memegang area yang berjerawat.
 
4. Meninggalkan Bekas Luka Permanen 
 
Bekas jerawat bisa timbul karena kebiasaan memencet jerawat yang salah. Jerawat dengan kondisi tertentu bisa menghilang tanpa bekas, tapi kondisi buruk bisa meninggalkan bekas permanen.
 
Semakin parah kondisi kulit, semakin tinggi juga kemungkinan jerawat akan meninggalkan bekas. Memencet jerawat bisa menyebabkan peradangan dan bekas jerawat.
 

 Bekas jerawat bisa timbul karena kebiasaan memencet jerawat yang salah

 
5. Menyebabkan Perubahan Warna Kulit 
 
Kebiasaan memencet jerawat bisa menyebabkan perubahan warna kulit. Perubahan warna kulit akibat kebiasaan tersebut, butuh waktu yang sangat lama untuk dihilangkan. Kulit yang berwarna coklat tua atau hitam selama bertahun-tahun.
 
Jika tidak ingin jerawat semakin parah, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:
 

Selanjutnya :

Jika Tak Ingin Jerawat Makin Parah, Coba Tips Ini

Hindari Berlibur ke Zona Merah, Mari Liburan Dengan Aman

Jangan Lewatkan