logo Dream.co.idDream.co.id

4 Tips Membasmi Komedo Tanpa Perlu Takut Balik Lagi

Dengan perawatan yang benar, komedo dapat dibasmi selamanya.

4 Tips Membasmi Komedo Tanpa Perlu Takut Balik Lagi
Ratih Wulan
| 30 Maret 2018 17:22

Dream - Ingin hasil riasan nampak mulus dan sempurna? Semua itu tak bisa kamu wujudkan jika wajah masih dihiasi dengan komedo.

Bintik-bintik yang biasanya mucul di area T-zone ini akan membuat wajah terlihat berserabut jika disapu makeup. Jika tidak segera diatasi, maka dapat mengganggu penampilan.

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang terbentuk akibat sebum dan bakteri. Saat terkena udara panas maka akan teroksidasi, yang lama-kelamaan akan membuat warnanya jadi kehitaman.

Tak perlu panik karena ada ada beberapa solusi yang bisa mengusir komedo selamanya. Cobain langsung yuk!

1. Pengangkatan sel kulit mati

 Shutterstock

Eksfoliasi merupakan cara ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Scrub wajah dengan bahan yang mengandung hidroksi alfa, seperti glikolat, laktat, dan sitrat. Untuk mencegah komedo datang kembali, sebaiknya hindari mengaplikasikan makeup menggunakan jari tangan.

2. Bunuh bakteri

 Shutterstock

Usir bakteri dengan skincare berbahan dasar belerang. Ini merupakan antseptik yang dapat membunuh bakteri. Tambahan chachoal juga akan membantu mengeluarkan bakteri. Membersihkan pori-pori merupakan langkah awal untuk membasmi komedo.

3. Waspadi cuaca

 Shutterstock

Perubahan cuaca dapat mempengaruhi kondisi kulit, termasuk memicu pertumbuhan komedo. Pada musim panas, kulit akan cenderung berminyak yang menyebabkan folikel rambut tersumbat dan ujung-ujungnya menimbulkan komedo.

4. Wajib kenakan sunblock

 Shutterstock

Jangan pernah menyepelekan manfaat tabir suraya. Krim wajah ini membantu melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari. Pilih kandungan produk non comedogenic, yang tidak berisiko menyumbat pori-pori dan membuat komedo bertambah parah.

(Sumber: Liputan6.com / Annissa Wulan)

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan