4 Cara Mudah Mencegah Jerawat Saat Panas Menyerang

Sangat penting dilakukan karena biasanya wajah cenderung berminyak dan berkeringat.

Ratih Wulan
| 8 Juli 2018 08:30

Dream- Musim panas dapat menjadi salah satu saat menyenangkan untuk keluar rumah, terutama untuk kamu yang tinggal di daerah bercuaca dingin.

Namun berhati-hatilah bagi kamu yang aktif kegiatan di luar ruangan saat musim panas, karena jerawat akan mudah tumbuh di wajah. Keringat dan minyak berlebih dapat memicu pertumbuhan jerawat semakin cepat.

Untuk menghindarinya, ada empat tips dari Makeup.com agar bebas jerawat sepanjang musim panas :

1. Pilih Pelembab dan Tabir Surya Yang Tepat

 Shutterstock

Sebelum merias wajah, jangan pernah melewatkan pemakaian pelembab. Mulailah dari penggunaan pelembab yang tepat, cobalah beralih ke produk free oil.

Hal ini penting dilakukan karena biasanya jerawat membuat kulit lebih kering dari biasanya. Ketika kulit wajah hampir kering, pelembab bebas minyak ringan akan membantu menjaganya.

Selain pelembab, tabir surya selalu menjadi keharusan saat keluar rumah. Pilih formula ringan yang cocok untuk kulit berjerawat sebagai perlindungan dari cahaya matahari.

2. Perhatikan Apa Yang Kamu Gunakan

 Shutterstock

Jerawat biasanya muncul tanpa diduga-duga. Ketika suhu tubuh meningkat dan kulit bergesekan dengan apa yang kamu gunakan, maka jerawat dapat muncul dengan cepatnya. Pilih pakaian berbahan ringan dan longgar.

Panas yang ekstrim dan sinar matahari langsung juga dapat memperburuk jerawat dan menyebabkan peradangan, jadi ingatlah untuk berhati-hati melindungi kulit wajahmu. Kenakan topi bertepi lebar untuk menjaga agar wajah kamu bebas noda dan bersih.

3. Bersihkan Secara Menyeluruh

 Shutterstock

Saat musim panas, saatnya untuk memberi perhatian serius pada pembersihan wajah dan tubuh. Setelah sering menggunakan pelembab, beralihlah ke pencuci wajah yang mengandung asam salisilat, gliserin atau berbusa.

4. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan

 Shutterstock

Tangan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri di musim panas. Tidak ada pembersih tangan yang bisa menghilangkan jari-jari dari semua kotoran dan kotoran yang menyumbat pori. Maka, jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan mu karena akan meninggalkan kotoran di wajah.

(Laporan: Qonita Lutfia)

Topik Terkait :

Fakta di Balik Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia

Jangan Lewatkan